Doraemon Universe di Fujiko F.Fujio Museum

La..la..la…aku sayang sekaliii… Doraemoonnn!

Kartun yang paling populer sedunia nih kayaknya Doraemon ya.  Saya sendiri yang anak 90an, mengenal Doraemon sejak dia mengudara lewat RCTI di tahun 1990.  Tapi ternyata kalau kata wikipedia lagi, Doraemon sebenarnya mulai tayang di RCTI sejak tahun 1988 sampai sekarang. Sampai sekarang lohh! Mungkin keluarga saya baru punya tivi di tahun 1990 kayaknya ya,,,hahahahaaaaa…..  Sedangkan serial manga nya diterbitkan pertama kali pada bulan Desember 1969.  Luar biasaa!!!

300px-Doraemon_first_appearance
The first appearance of Doraemon, who came via the time machine

Berdasarkan wikipedia (walau pasti semua pembaca juga sudah mengenal sapa itu Doraemon ya):

Doraemon (Japanese: ドラえもん) adalah serial manga yang diciptakan oleh Fujiko F. Fujio.   Serial ini kemudian diadaptasi menjadi anime dan berbagai media franchise.  Serial Doraemon menceritakan tentang robot kucing bernama Doraemon yang melakukan perjalanan ke masa lampau dari abad ke 22 untuk membantu seorang anak laki-laki bernama Nobita Nobi (Japanese: 野比のび太).

Sebagai anak yang tumbuh besar bersama Nobita, Doraemon dan kawan-kawannya yang lain, *sok akrab*, saya merasa sangat beruntung ketika Fujiko F. Fujio Museum, alias Doraemon Museum dibuka pada tahun 2011, pas banget ketika saya job assignment di Yokohama. Cihuyy banget lahh… Sungguh bahagia hati inii…. mode pencarian informasi ala turis langsung diaktifkan… tanpa ba bi bu,, marilah kita meluncur ke website resmi nya Doraemon museum…dan dia menyediakan halaman berbahasa Inggris… Horeeeeee!!!

doraemon 2.jpg
http://fujiko-museum.com/english/

Beberapa hal yang harus dicatat oleh calon pengunjung museum ini antara lain :

Ticket

Tiket Doraemon museum harus direservasi.  Jadi jangan harap bisa membeli tiket on the spot.  Mohon dicatat ya!

Tiket Doraemon museum hanya bisa dibeli di Lawson (Japan), pada tanggal 30 di setiap bulannya.  Tiket yang dijual adalah tiket masuk untuk dua bulan ke depannya.

Untuk setiap harinya, ada 4 entrance schedule di museum ini :

(1) 10.00 (2) 12.00 (3) 14:00 (4) 16:00

Jadi ketika membeli tiket masuk di Lawson, kita harus memilih tanggal/hari serta entrance schedule yang kita inginkan.  Perhatikan juga kalau museum ini tutup setiap hari Selasa dan hari2 libur tertentu.  Semua informasinya tentu saja ada di selection mesin tiketnya.

*Mohon dicatat lagi, bahwa maksimum keterlambatan per-schedule adalah 30 menit.  Lewat dari 30 menit maka pengunjung tidak boleh masuk.  Jadi jangan sampai telat yaa…lebih baik datang sebelum schedule nya, karena suasana menuju Doraemon museumnya sangat unyu2 dan sayang untuk dilewatkan…jadi bisa poto2 dulu sebelum masuk museum… percaya dehh.. rugiii kalau telatt.

Rempong bener ya kayaknya… tapi saya malah mengapresiasi sistem pembelian dan reservasi tiket seperti ini, karena para pengunjung malah bisa sangat menikmati suasana museum, tanpa sumpek2an, tanpa antri2an..tanpa bingung ini itu, karena semua sudah disiapkan in advance.. Pengunjung cukup hanya fokus menikmati museumnya saja.  Enak to?

Proses pembelian tiket di Lawson nya yang menurut pengalaman saya cukup menantang,,, hehheee… karena ternyata pembeliannya dilakukan melalu sebuah mesin yang self-service.  Jepang mahh gituuu yaaa…. apa2 self-service….. hehehehehee….

doraemon 3.JPG
tampilan mesin Loppi, Lawson untuk beli tiket

Seingat saya, mesin tiketnya minim English, kalaupun ada pasti hasil translate bebas (sebebas2nya) dari bahasa Jepang ke English.  Karena kebingungan, saya minta tolong ke pegawai Lawson untuk membantu, tapi ya karena doi ga bisa English dan saya ga bisa bahasa Jepang, jadilah kita pakai bahasa Tarzan juga. Hahahhaaaaaaaa…. untunglah saya dan mas2 pegawai Lawson ini sama2 pantang menyerah, sehingga tiket Doraemon museum ini bisa terbeli dengan sukses.

Side note:   Satu hal yang saya sukai dan sangat apresiasi adalah orang Jepang (semua orang, sebatas yang pernah saya temui yaa), mauu berprofesi apapuunnn…., kalau mengerjakan sesuatu pasti sampai tuntas… contohnya ya mas2 penjaga Lawson ini… dia beneran membantu sampai tiket ini terbeli lohhh….. walau dengan segala keterbatasan dia (dan saya) berbahasa…… kadang kalau di tempat lain kan,, baru mentok dikit orangnya udah : yahhh ga bisa mbaa…..*udah gitu doang jawabnya, tanpa memberikan solusi apapun….. saluuttttlahh buat mas2 penjaga Lawson, saya jadi belajar banyak deh.  kerjakan semua sampai tuntass!!! banzai!!

Access & Transportasi

Stasiun kereta yang paling dekat dengan museum ini adalah Stasiun Noborito.  Dari stasiun ini, kita bisa memakain shuttle bus langsung ke Doraemon museum nya.

Karena saya anak Yokohama,,, *ceilah*, perjalanan saya di mulai dari apato saya di Bandobashi menuju Yokohama station menggunakan subway (Blue Line), lanjut ke Kawasaki station menggunakan JR Tokaido Line, lalu terakhir dengan menggunakan JR Nanbu Line menuju turun Noborito station. dan akhirnya pakai shuttle bus unyu2 sampai ke Doraemon museum.

Into the museum

Exhibition Room

Sebelum memasuki museumnya, tiket kita akan diperiksa,apakah sudah sesuai dengan schedule entrance yang tertera atau tidak.  Area pertama dari museum ini adalah galeri exhibition.  Supaya pengunjung bisa fokus menikmati galeri exhibition, ada larangan mengambil foto di dalam area ini. *Namun pembaca bisa mengintip sedikit isi area exhibition dengan membuka website official museum di atas.

Kemudian tiap pengunjung akan dipinjami audio tools, sesuai dengan pilihan bahasa yang  diinginkan.  Audio tools ini akan menceritakan kisah dibalik setiap sketsa di ruang exhibition.  Dalam ruangan ini kita diajak mengenal perjalanan hidup Bapak Doraemon, Fujiko F. Fujio.  Selain Doraemon, Fujiko.F.Fujio banyak membuat tokoh dan cerita manga lain, misalnya P-Man, Q-taro, 21emon dan masih banyak lagi.  Di tempat ini kita akan disuguhi semua tokoh ciptaannya dengan dalam bentuk sketsa original.  Ruangan exhibition dalam museum ditata dengan sangat apik, sehingga penelusuran kita yang dibimbing oleh audio tools terasa mengalir alami.

audio tools

Yang paling menarik hati saya dari ruangan ini adalah barang2 memorabilia dan meja kerja Fujiko F. Fujio san.  Banyak sekali foto dan cenderamata dari berbagai negara di dunia ada di ruang kerjanya,dan juga koleksi manga nya yang spektakuler.  Fujiko F. Fujio san ternyata benar2 mengunjungi dan menjelajah berbagai negara melakukan riset sehingga cerita dalam manga ciptaannya menjadi sangat kompleks dan imajinatif.

bookshelf fujio.jpg
cita-cita saya adalah punya rak buku dengan koleksi sebanyak ini.

Kita akan diantarkan ke lantai selanjutnya dengan elevator yang terhubung dengan rak buku (see above pic) sambil melihat koleksi buku dan barang2 memorabilia milik Fujiko F.Fujio yang tersimpan di rak buku ini.  Kereenn bangetttt….rasanya seperti memakai mesin waktu.  Area exhibition berakhir ketika kita sampai di lantai berikutnya, dan mulai area ini kita bisa foto2 sepuasnya… horeee!!

Plaza and Theater

Area ini adalah area untuk beristirahat, sambil mencoba beberapa permainan kecil.  Ada juga photobox dengan banyak sticker dan dekorasi ala Doraemon.  Atraksi lain yang bisa dinikmati adalah movie theater.  Di sini kita bisa menonton animasi pendek dari salah satu karya Fujiko F.Fujio san atau kolaborasi semua tokoh ciptaannya.  Animasi yang ditayangkan sepertinya selalu diganti setiap hari, karena saya mengunjungi museum ini 2 kali dan animasinya berbeda.  SSSttt…. Ada kejutan kecil di akhir pertunjukannya…,,,hihihihi….

theater

Rooftop Playground

Area ini lah yang paling ramaiii…saatnya kita bertemu tokoh2 ciptaan Fujiko F.Fujio san…. bagi para pemburu foto… monggo silahkan foto sepuasnya… tapi antri yang sopan ya… musti saling menghormati juga,,fotonya jangan lama2, kan ga enak banyak yang mau fotoan juga tuh antri…. sungkan kann,,

Museum Cafe

Capek jalan2 happy… saatnya makan dan ngopi2 cantik di cafe.. unyu2 ya makanannya… saya yang sangat menyukai cafe tentu sangat betahh di sini…

Setelah senang jalan2 dan kenyang makan…*tetep ga mau pulang sih*… para pengunjung bisa membeli kenang2an buat sendiri atau oleh2 di giftshop… gift shopAhhh,,,, seriusan tempat ini adalah salah satu Happiest Place on Earth buat saya… Semoga ada kesempatan lagi datang ke tempat ini.. Semoga!

Salam.

2 thoughts on “Doraemon Universe di Fujiko F.Fujio Museum

    1. nyoba nanya travel tour ky H.I.S gt kali ya… kan dia jg jual tiket2 macam ke disney dan universal studio tu… kl online nya blm pernah liat.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s