Surga Kecil Bernama: Belitung

Yang pernah baca atau menonton Laskar Pelangi pasti sudah sangat familiar dengan Belitung. Atau kalau di tahun 2017 ini, yang tau Pak Ahok pasti juga akrab dengan kata Belitung.  Hihihihihii….

Belitung ini menurut saya sangat cocok untuk escape kecil2an dari ribetnya kota besar macam Jakarta.  Cukup dengan 1 jam penerbangan, Jakarta – Tanjung Pandan, saya sudah merasa sampai di suasana yang berbeda..super beda. Sueerrr… beneraannn ga bohong….. Semakin hari, saya semakin berpikir kalau jarak itu lama kelamaan satuannya waktu… Iya ga sih? Cukup 1 jam perjalanan saja, kita sudah seperti berada di dimensi yang berbeda..dengan atmosfer yang berbeda… Aneh ya? Enggak. Saya aja kali yang aneh.

Suasana tenang, pantai jernih dan langit baru….minimal para wisatawan bisa mendapatkan ketiga point penting itu.  Bonus lainnya: makanannya enak. Penting ini.

Sesuai dengan rekomendasi seorang teman, saya menghubungi travel agent Ildatu. Ternyata dia sudah punya website yang cukup rapi lho.. sangat membantu perencanaan liburan saya.

belitung1.JPG
http://www.wisatabelitung.com/

Setelah mengirim inquiry dan berdiskusi dengan ildatu, saya memutuskan untuk mengabil paket perjalanan 4 hari 3 malam.. walau akhirnya karena membandingkan harga tiket pulang.. saya memutuskan trip saya jadi 5 hari 4 malam…. heheheeeee… saya mah gitu anaknya… semua2 saya kasih spare waktu….. saya ga bisa buru2….

Bagi wisatawan yang baru pertama kali ke Belitung, memakai travel agent akan sangat membantu.  Mengapa? karena seingat saya di Belitung ga ada angkutan umum… bagi yang biasa menyetir mobil sendiri mungkin ga masalah karena bisa menyewa mobil, tapi perlu diingat juga kalau salah satu yang istimewa dari Belitung adalah pemandangan lautnya.  Jadi kita juga harus menyewa kapal, untuk island tour.  Nah dengan memakai travel agent, semuanya sudah diatur.  Mungkin bagi yang sudah pernah berkunjung dan memiliki kenalan driver atau pemilik kapal barulah bisa diatur perjalannya sendiri.  Tapi untuk First timer, rekomendasi saya tetap pakai travel agent dulu saja.

Paket wisata yang ditawarkan oleh ildatu sangat flexible tapi juga sangat jelas.  Jadi kita bisa memilih paket berdasarkan jumlah orang yang akan berangkat, lalu kemudian tipe hotel yang mau dipakai.  Hotelnya bisa dipilih dari hotel Melati sampai Hotel Aston.  Tergantung budget dan selera saja.

Sebagai gambaran saja,, paket yang saya gunakan dengan biaya : Rp. 3.6 juta/pax (2014) , dengan kondisi sbb:

(1)paket 5 hari 4 malam

(2) Jumlah peserta 2 orang

(3) Menginap di hotel Grand Hatika

Harga tadi belum termasuk tiket pesawat PP yaaa….Jatuhnya memang lumayan mahal (iya ga si? menurut saya kok lumrah) karena jumlah peserta dan pilihan hotel.  Tapi setelah bayar, saya bahkan keliling Belitung ga bawa dompet karena saya ga perlu mengeluarkan uang apa2 lagi.  Praktis ga ribet.   Saya suka yang aturan mainnya jelas begini. Heheheheeee… selera pribadi sih ini.  But again, paket wisatanya sangat flexible kok jadi ga usah khawatir ya.. disesuaikan saja dengan budget dan selera.

Kampung Laskar Pelangi

Novel Laskar Pelangi nya Andrea Hirata itu memang mendunia ya…entah novel itu sudah disadur ke berapa bahasa ya? saya cuma ingat ada yang disadur dengan judul : Rainbow Troops. kereennn yaaa….

Kayaknya kalau ga ada novel ini, Belitung ga akan seterkenal sekarang.  Apalagi setelah ceritanya diangkat jadi film. Wahhhhh….keindahan Belitung mungkin ga bisa kita intip tanpa adanya film itu.  Serunya lagi, kita masih bisa mengunjungi set kelasnya anak2 Laskar Pelangi dan Museum Kata punya sang novelis Andrea Hirata.

 

Island Tour

Sebelumnya saya minta maap ya pembaca, kalau abis ini isinya foto ada muka saya semua, karena waktu sampai belitung sebenernya saya udah males banget buat pegang kamera karena emang niatnya mau main aja. Ehhh… ternyata bapak driver saya bilang : sini mba kameranya saya aja yang pegang… hahahahaaa…. jadilah si bapak driver foto2 candid ga karuan. Se-Ramah dan se-sigap itulah bapak2 tour kami… luar biasaaa…sepanjang 5 hari itu, saya cuma bawa diri doang dehh…hahahahhahaa…. jadi maapken yaa..kalau banyakan muka saya…  Maapken juga karna saya cuma bawa kamera pocket jadi gambarnya kurang menggiurkan…..tapiiii seriusaannnn…. lensa kamera emang ga sanggup menangkap keindahan yang ditangkap lensa mata,,,, jadi dateng aja lah mendingan…. Hihihihihii….

Yang paling seru dari semuanya ya tentu acara snorkeling nya ya…hahahahaaaa….kami dapat 1 kapal hanya untuk berdua,,, bahkan kami ga digabung dengan rombongan yang lain lhooo….padahal kan bisa aja to,wong orangnya cuma dua… manteb lah ini travel tour..you get what you paid. Selama snorkeling, saya yang ga bisa berenang aja girang banget nyemplung ke laut liat ikan..sayangnya kamera saya kurang bisa menangkap bagusnya laut Belitung nih…. tapi percayalah airnya beninggg bangetttt…ga usah nyemplung juga sebenernya terumbu karang di dasar lautnya bisa kliatan dari atas kapal. ikan2nya juga pada akrab banget sama manusia… cuma nyemplungin kaki aja udah pada dateng…. kapal baru berhenti udah dikerubutin ikan… this is heaven.

Di Belitung juga ada mercusuar tua yang masih berdiri kokoh.  Saya kurang ingat apa mercusuar ini masih beroperasi atau enggak ya?  Tapi yang jelas kita bisa masuk dan naik sampai puncak mercusuar.  Capeknya ya kira2 sama dengan naik gedung 8 lantai pakai tanggai darurat kayaknya.. hahahahaaaa…. saya ama mas pacar yang masih umur kepala dua aja ngos2an sampai atas… kurang olahraga nih kayaknya ya….

Sampai puncak, anginnya kenceng banget siss!! hahahahaaaa….. tapi pemandangannya wiiiiiiiiiiiiiiiiiii….. bagus banget….laut bening warna hijau toska menghampar dipecah oleh batu2an besar khas Belitung,

Akhirnya,,,, menurut saya Belitung adalah salah satu tujuan wisata yang minimal harus dikunjungi sekali seumur hidup.  Bahkan dibandingkan dengan Bali, saya lebih pilih Belitung.  Suasananya bisa menenangkan pikiran yang sedang ruwet atau cuma sekedar untuk pacaran happy atau jalan rame2 dengan teman2 juga seru.  Pulang dari Belitung pasti pikiran langsung fresh, ehh itu juga kalau mau pulang ya… hahahahaaa…. saya aja udah mulai nanya harga rumah di Belitung berapaan…. *songong..

Finaly, more random picture for your sore eyes,,, =p..

Salam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s