HAYMITCH ABERNATHY – HUNGER GAMES TRUE HERO

books

Karena saya anaknya ndableg, jadinya saya naksir berat sama tokoh dalam novel trilogy Hunger Games yang bernama Haymitch Abernathy- mentor  dari District 12. 

Hunger Games sendiri adalah salah satu trilogy yang saya akui bagus . Ceritanya tidak hilang arah sampai akhir. Ada twists kecil di sana sini, tapi plot nya tetep terjaga arahnya plusss Alur ketegangannya naik terus sampai akhir.  Buku (dan filmnya) ini berbicara tentang revolusi yang tanpa sengaja tersulut karena seorang Katniss Everdeen yang berusaha menyelamatkan nyawanya di arena Hunger Games.

Katniss became the Mockingjay. – symbolize of the rebels. –tanpa sengaja..

Katniss-in-Red-The-Hunger-Games-Mockingjay-Part-2-Poster.jpg

You can torture us, bombard us, Set our districts on fire.  But you see that? Fire is catching.  And if we burn, you burn with us. – Katniss Everdeen

If we burn, you burn with us. —
Ini part yang paling suka dari Katniss Everdeen.
Speech 
Katniss yang ini selalu lewat di kepala saya, kalau saya merasa akan dicurangi atau dimanfaatkan. hahahaaa… bengis abis..🖤🖤

Tentu saya juga terkesan dengan perkembangan karakter tokoh Katniss, tapi saya ga akan bahas tentang Katniss Everdeen ya..mungkin lain kali.
Yang menarik bagi saya dari Katniss, Hunger Games dan revolusi yang tersulut itu adalah : Bagaimana satu tindakan kecil, yang mungkin tanpa motivasi terselubung pun bisa menggerakkan begitu banyak manusia.
Bisa jadi karena emang tindakan kecil tadi yang murni menyentuh pikiran dan hati masing-masing orang, like memang tindakan itu adalah tindakan paling masuk akal tapi tidak banyak orang yang berani atau mau melakukannya.
ataauuuuuuuu….. ada sekelompok orang yang melihat kejadian pemantik ini berpotensi menarik massa dan tentu harus dimanfaatkan.. jadi ditunggangi gitu lho maksudnya…
Hmmmm….. lalu saya mengingat cerita Finding Nemo.
Our Nemo put the sparks in our (or at least in my) heart and motivate each of us , individually, to be a better person. to do what is appropriate.
But in the other side of the road… there was also a spark and mob to sweep Nemo away.
Tentu setelah membaca buku-buku semacam Hunger Games ini, saya kan jadi berfikir apakah setiap kejadian yang terjadi  genuine atau manufactured.
Kalau Panem dikendalikan oleh Capitol dan berusaha dikuasai oleh District 13, maka dunia kita juga pasti ada ‘Capitol’ dan juga ‘District 13’ nya kan? Perbedaannya hanyalah mereka berdua ini di dunia kita tidak jelas wujudnya. *or kita saja yang pura-pura ga liat. 🤐🤐 Ahh sudahhlah… emang saya dasarnya curigaan lalu ditambahi baca buku yang bikin makin curigaan…

Lets just leave our Katniss Everdeen dan revolusinya di sini saja, this post is dedicated to Mr Haymitch Abernathy.

Haymitch adalah pemenang Hunger Games ke 50 (yes, it was Quarter Quell too!) sekaligus Mentor selama untuk 25 pertarungan Hunger Games selanjutnya.  Sampai dengan bertemu Katniss dan Peeta, semua tribute yang dilatih oleh Haymitch belum ada yang memenangkan Hunger Games, yang artinya Haymitch harus melihat anak-anak District 12 mati di arena setiap tahunnya sampai Hunger Games era Katniss. Gilaa ga tuhh?

Hal ini membuat Haymitch adalah orang yang paling realistis dalam trilogy ini. Dia paham benar kalau inti dari hidup di bawah tirani Capitol adalah tentang tetap hidup. Tapi  Haymitch ga tunduk-tunduk amat kepada Capitol.
He knows his capacity and how to negotiate. — penting banget ini menurut saya.
Segala tindakan dan strateginya pas untuk membuatnya (dan orang di sekitarnya) tetap hidup di bawah tirani Capitol.

Here some advice… Stay alive. – Haymitch Abernathy

Hunger Games is all about survival, like our world now.

Dalam kesimpulan saya, cuma Haymitch yang bisa mengerti posisi dan pilihan yang diambil-atau yang pasti akan diambil- oleh Katniss.  Mengapa? Karena pola pikir mereka mirip. Selain itu,  Haymitch tau benar cara Capitol membungkam orang yang dirasa tidak tunduk atau bahkan bisa menyulut pemberontakan.. Entah sengaja atau tidak. Dann chemistry antara Katniss dan Haymitch ini beneran dehhh juara…

Ahh.. kalau Hunger Games ini mau dibuat spin-off , saya rasa Haymitch with his Quarter Quell ini pasti ceritanya bagus banget. Seperti yang kita tau, setiap 25 tahun sekali akan diadakan Quarter Quell, alias Hunger Games special Edition.  Menurut buku, Haymitch memenangkan Quarter Quel- Hunger Games ke 50 dengan cara yang mirip dengan Katniss Everdeen, yaitu dengan memanfaatkan celah kekurangan dari arenanya sendiri. Dia menolak membunuh dengan tangannya sendiri.

Haymitch selamat (dan menang!) tanpa memuaskan pihak Capitol yang ingin memastikan kalau perwakilan District saling bunuh. Tentu setelah itu Capitol tidak melepaskannya begitu saja. Hidupnya jadi menyedihkan setelah itu, but he survived anyways.

Haymitch menjadi sadar 100% kalau  urusannya dengan Capitol tidak berakhir hanya dengan keluar sebagai pemenang Hunger Games. 😔😔 Semuanya malahan baru permulaan saja. Katniss juga pada akhirnya disadarkan kalau cengkeraman Capitol akan ada padanya seumur hidup. Sama seperti Haymitch, Katniss juga harus menebus incident Hunger Games yang dia ciptakan yang terlanjur memicu pemberontakan di hampir semua District.

Haymitch is a wise man.  Saya ga ragu tentang ini. Bahkan ketika situasinya semakin kacau karena revolusi pecah, dia masih tetap bisa melihat dengan jernih tanpa ada dendam dan keinginan mendapat kekuasaan.  Saya pengen banget bisa berpikir seperti Haymitch, tapi berarti saya harus mengalami segala kesusahannya Haymitch dong ya,…waduh ya jangan gitu-gitu amat deh kalau gitu. hahahaa.. apa sih?

get off

best scene.

Yeaaa…wake up girl!! everything has consequences!! sometimes it will be lifetime consequence. like Haymitch say : you never get off this train!
Ini juga yang sering saya teriakkan ke diri saya sendiri, ketika saya berpikir kalau semuanya akan selesai dengan mengambil easy way out alias mau mlipir atau kabur dari masalah. Jadi pesan moralnya adalah seberat apapun itu, selesaikan lah Nak. Jangan lari, jangan sembunyi. Percuma soalnya.

Lastly, satu hal lagi yang saya juga dapat dari Haymitch.
Ketika masalah sedang datang begitu banyak dan begitu intense. Lalu orang pergi satu per satu, atau mulai ingin menyelamatkan diri sendiri bahkan dengan mengumpankan orang lain… Jangan buang energi untuk marah dan membenci..  Ingat saja apa tujuan utamanya, ingat saja who the real enemy is, what the real problem is.
Fokus saja ke hal ini sehingga jalan keluar bisa tampak dengan sangat jernih, dan berlarilah lurus ke jalan keluar itu.

who the real enemy

Well said, Haymitch.

Saya benar-benar berharap bisa menjelaskan betapa keren dan cerdasnya Haymitch Abernathy.. dalam pikiran saya, Haymitch Abernathy memiliki peran paling besar yang menggerakkan revolusi di koridor yang benar, sehingga Panem bisa memberi kemerdekaan kepada semua District nya. Tanpa nya Katniss mungkin akan dimanfaatkan banyak pihak dan revolusi hanya akan jadi perang saudara. But I believe, Katniss will survive no matter what.. she is trully fighter.

Salam ❤️️❤️️

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s