Posted in Grow up

[MENDADAK DEWASA] : BELANJA SAHAM PERDANA.

*Ga belanja juga sih.. wong cuma beli 1 lot.. Hahhaaaaa…πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

Tapi biar heboh kita sebut belanja aja lah ya… *biar kayak #BuDendy. Nyoohh! Butuhmu piroo?! Sepuluh yuto?? Molasyuto?! NyooHH!! #Sebarsebarduit

Mulai edan.πŸ˜‘

beer

Post kali ini adalah lanjutan dari : [MENDADAK DEWASA] : YUK NABUNG SAHAM!πŸ’ŽπŸ’ŽπŸ’Ž ya… Jadi setelah ikutan seminar kemaren, lalu akun saya di MNC sekuritas dan RDN saya aktif , maka saya mulai belajar untuk bertransaksi saham dan mengisi portofolio saya. Cihuiii..😘😘

Udah penasaran ga sabar..

Ternyata ada untungnya proses pendaftaran panjang dan rumit pas ikutan seminar Yuk Nabung Saham kemaren itu. Karena setelah selesai seminar saya sudah langsung terdaftar di MNC sekuritas dan punya RDN BCA. Jadi ga perlu daftar lagi.

Coba kalau musti daftar sendiri lagi,, wis pasti males banget saya.. ga bakal daftar lah pasti.. mager.. 😁😁

Keuntungan yang lain adalah karena saya dapat promo cashback 100 ribu. Jadi biaya pendaftaran seminar kemaren ternyata dibalikin ke kita dan akan masuk ke RDN kita masing-masing. Lumayan lah ya, bisa buat latihan transaksi.πŸ˜‰

Langkah awal yang harus dilakukan adalah download aplikasi MNC Trade New di google playstore.Β Semua transaksi lewat hape ajah. Keren ya jaman sekarang…

Screenshot_2018-03-07-11-56-18-692.jpeg
Warnanya merahh semuaa.. pertanda apa inii?

Tampak rumit ya… banget. 😁😁
isinya angka ama singkatan doang cuy.. ga ada tombol Help nya… saya udah nyari F1 ga ada.

pattern(1)

Ada sedikit kendala yang saya hadapi ketika akan mulai mengoperasikan apps ini. Karena proses pengiriman cashback tadi agak tertunda, maka saya belum juga bisa mendapatkan ID dan password yang diperlukan untuk mengakses akun saya.

Lalu karena saya coba saja untuk mentransfer sendiri ke RDN saya, ga usah nunggu cashback deh.
Seperti yang saya ceritakan di artikel sebelumnya, transaksi saham hanya bisa dilakukan dari dan ke RDN saja. Jadi kita perlu mentransfer sejumlah uang dari rekening tabungan ke RDN kita. Caranya bagaimana?

Ya seperti transfer uang biasa. Saya pengguna klikBCA, jadi transfer ke RDN sama caranya dengan mentransfer ke rekening sesama BCA. Kemaren saya coba untuk transfer 100 ribu dulu.

Setelah transfer dilakukan, saya mengirimkan bukti transfer tadi customer service MNC sekuritas untuk mendapatkan ID dan password. Dan ternyata email saya ke CS ini failed. Katanya recipient’s mailbox is full. Sungguh laku ini MNC sekuritas ya.. sampe full begini. Mantabb!!

pattern

Walau agak lama menunggu, akhirnya saya dapet juga deh tuh ID, password dan PIN number. si PIN number ini gunanya untuk dientry pas transaksi dan untuk melihat portofolio. Okehh… Bermodalkan ID, password dan pin number serta 200ribu rupiah (100 ribu dari isi sendiri + 100 ribu dari cashback) saya ready belanja.. Wuhuuu!!😘😘

Kalau diingat-ingat, dari seminar Yuk Nabung Saham kemaren saya diajari kalau prinsip menjadi investor itu intinya adalah memaksimalkan keuntungan dan meminimalisir kerugian. Makanya kemaren saya dikenalkan dengan istilah BBP (Buy Before Price) dan TP (Target Price). Jadi beli sebelum BBP dan jual ketika mendekati (atau mencapai) TP.

*Kalau jadi member Happy Billionaires Club (HBC) , setiap hari kita akan dikirimi rekomendasi saham apa saja yang bisa dibeli lohh. Termasuk info perkiraan BBP dan TP nya. Jadi bisa digunakan sebagai guideline lah. Yuk pada join yuk…
~Iklan layanan masyarakat~
*Di MNC trade apps juga ada saham-saham yang direkomendasikan sih,,
jadi semakin banyak referensi.

Pas tanya-tanya sama Pak Suami, saham yang disarankan dibeli adalah punya Ace Hardware.
Yak betul, si toko perkakas pertukangan dan barang-barang yang dicintai ibu-ibu muda macam saya *ehem* itu ternyata udah go public dan sahamnya bisa dimiliki oleh masyarakat. Jadi selain belanja-belanja barang di tokonya, kita juga bisa menjadi bagian dari pemilik Ace Hardware melalui kepemilikan saham. Biar berasa kalau lagi belanja di situ itu kaya nglarisin toko sendiri gitu lhoooo… bahahahaaa… alesan aja ini mah biar tetep belanja mulu.😊😊

ace

Konon katanya Ace Hardware ini adalah perusahaan yang sehat yang memiliki fundamental yang bagus. *jujur saya masih ga paham-paham amat yang namanya fundamental itu apa aja komponennya….

pattern(1)

Mungkin karena Ace sekarang lagi buka cabang dimana-mana ya.. deket rumah saya aja baru ada Ace Hardware baru.. Berarti memang lagi berkembang banget dan keuangan perusahan lagi sehat.. mungkinnn Itulah sebabnya Ace Hardware ini katanya termasuk saham yang BBP dan TP nya lumayan lebar. Cocok untuk investasi jangka panjang katanya. 😢😢

Ketika pasar modal dibuka jam 9.00 pagi, harga per lembar saham ACES dibuka di Rp.1380,-.
Tanya-tanya lagi sama Pak Suami ini beli di harga berapa enaknya, lalu disaranin untuk coba beli di Rp 1360,- karena Bid volume nya gede di harga ini. *Belum terlalu paham juga di bagian sini.. jadi ikut aja beli di angka 1360.

Jadilah saya beli saham perdana dari ACES jumlahnya 1 lot (100 lembar) dengan harga per lembarnya Rp 1360,- tadi. Artinya saya harus bayar Rp 136.000,- . Plus untuk setiap transaksi akan dikenakan biaya sebesar 0.18% dari nilai transaksi. Kepotong deh tuh saldo di RDN saya sebesar Rp 136.245,- .

Mungkin sekitar jeda 2 jam setelah saya bikin order list untuk buy, saya dapat notifikasi dari apps nya MNC trade kalau pembelian saya sukses. Selama 2 jam tersebut harga Aces mengalami penurunan hingga ke angka 1360, makanya order buy saya bisa tereksekusi.

Sepanjang hari, dari jam 9 pagi sampai jam 3.49 sore, pasar modal yang reguler akan beraktifitas sehingga harga saham akan berubah naik-turun mengikuti jumlah penawaran dan permintaan.Β  Kalau lagi banyak yang jual ya harganya turun, kalau lagi banyak yang mau beli ya harganya naik. Ketika harga jual dan beli nya match, ya berarti terjadi transaksi.

Sampai post ini diterbitkan berarti kira-kira sudah seminggu saya punya 1 lot saham Ace Hardware. Saya memang sengaja ga beli-beli yang lain dulu. karena saya mau mengamati pola pergerakan saham sebenernya itu seperti apa sih, sekalian familiarisasi tools yang ada di MNC trade apps. πŸ˜‡πŸ˜‡

Banyak sekali tools dan istilah baru yang asing babar blas di kuping dan kepala saya. Jadi ya semingguan saya baca-baca manual MNC trade apps, sama google sana-sini plus nanya-nanya sama Pak Suami. Sibuk yak? Lumayan lah jadi ada yang bisa dioprek-oprek.

Lalu bagaimana perkembangan si 1 lot saham Aces ini?

Nilainya drop shayyy…..

pattern(2)

Selama beberapa hari setelah saya beli, nilai saham Aces turun mulu. malah pernah sampai Rp. 1275,-/lembar yang berarti saya rugi. Kan saya beli di Rp. 1360,-/lembar tuhh….
Baru 2 hari terakhir sepertinya nilainya menguat, pas saya cek terakhir ada di harga Rp.1340,-/lembar.. ya masih rugi juga sih ya… hahahhaaaa…Iki kudu piye to sakjane?

pattern(1)

Jujur saya masih ga ngerti polanya. Tapi kalau saya amati di history (ada bagian history gitu di MNC trade apps) bulan lalu harga per lembar saham Aces pernah di angka Rp.1380,-.
So? Ya berarti, -menurut kesimpulan sotoy saya-, range harganya sekarang ini memang naik turun di sekitaran harga segitu, mungkin Rp1300an. Jadi ya kalau turun, ditunggu aja ntar juga naik lagi. ada potensi untuk naik lah… minimal balik ke harga awal.. Gitu kali ya… tau dah..sotoy.

Mungkin itu sebabnya kegiatan ini lebih cocok disebut investasi alias nabung…. nilainya naik pelan-pelan, tapi ya bisa turun juga. Makanya pilih saham yang trend nya bagus dan beli yang kecil dulu aja, supaya resikonya juga sebanding dengan kemampuan kita.
Kemampuan finansial dan kemampuan berpikir… Hahahahahaaa…. soalnya kalau masih buta arah macam saya mau sotoy asal beli juga malah nyungsep ntar… 😱

Kan dalam kasus ini, kita juga main dengan probabilitas to ini. Tapi probabilitas atau kemungkinan yang terukur. Bagian paling baiknya adalah semua ada dalam kendali kita. Maksud saya , semua keputusannya ada di tangan kita. Kalau mau beli ya siap untung dan siap rugi.. nah saya suka nih yang model begini.
Walau abis beli saham terus ga bisa diapa-apain selain diliatin aja… hahahahaa,,, 😁😁
Minimal nilai uang kita berpotensi untuk berkembang kan….segitu aja udah cukup buat saya.😁 daripada ngendon doang. sok tajir banget saya niii….😁

Saya jadi inget kata seminar Yuk Nabung Saham kemaren :

paint dry

*Ya saya juga ga nolak sih kalau bisa foya-foya ke Las Vegas… #mevvah

pattern(3).png

Nahhh..segitu aja aja secuil pengalaman belanja saham perdana saya. Walau masih gratul-gratul meraba kiri kanan atas bawah… dan ga ngerti banyak hal, tapi saya masih punya minat buat mencari tau lebih banyak di area nabung saham ini.

Doain ya supaya Ace hardware tambah laku dan sukses biar nilai saham saya bisa naik dan tumbuh subur dari tunas jadi pohon gede dan siap panen.😁😁

sprout

Tumbuh suburlah wahai sahamkuu!

Salam.πŸ’•πŸ’•

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s