Posted in Grow up, resep

[SURVIVAL FOOD] : GARANG ASEM – SLOW COOKER.

Yoshh!! Mari memasak lagi. 😎😎

Saya lagi happy luar biasa karena ketemu mainan baru super canggih bernama slow cooker!!

*Diucapkan kaya Doraemon pas ambil alat ajaib dari kantongnya*

Slow cooker ini hadiah lahiran dari teman-teman saya. Katanya sih bakal kepake banget pas MPASI nanti. Oke, disimpen dulu berarti ya. Naikin ke gudang dulu sampai nanti mendekati si klepon umur 6 bulan.

Sampai waktu berlalu dan musim berganti. Halah..lalu seperti biasa saya males banget sama urusan makan…πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘

Di tengah kebingungan saya yang bosan dengan makanan gofood, lalu males pesen katering harian .. dan tentunya kemampuan masak saya yang minim…saya mendadak ingat, salah satu teman saya itu pernah bilang kalau slow cooker ini bisa dipakai buat masak sop buntut.πŸ™„πŸ™„

Masa sih.. ribet pasti tapinya.. Mulai googling lahh saya… Dan ternyata ada banyak banget masakan yang bisa dibuat dengan slow cooker ini.

Wuhuuu… Saya jadi penasaran dongs. Apalagi kalau lihat bahan cuma dicemplungin doang terus mateng sendiri. Wahh sungguh sangat praktis dan effisien.

Saya mulai cek-cek resep yang ada dan membandingkan dengan isi kulkas saya. Ehh ternyata yang paling bisa dibikin adalah resep garang asem ayam yang versi tanpa santan.

Sebenernya seumur hidup saya belum pernah makan garang asem. Baik dengan atau tanpa santan. Wahahhaaaa… Jadi saya ga tau deh rasa aslinya garang asem itu mustinya kaya apa. Makin ga ada beban dong saya masaknya.

Nahh resep yang saya pakai kira-kira sebagai berikut.

GARANG ASEM AYAM – SLOW COOKER

Bahan

(1) Ayam ( 6 potong paha atas)πŸ—πŸ—

(2) Bawang merah (5 siung)

(3) Bawang putih (3 siung)

(4) Daun bawang

(5) Lengkuas (2 ruas jari)

(6) Daun Salam (6 lembar)

(7) TomatπŸ…πŸ… (6 buah-saya pake tomat chery)

(8) LemonπŸ‹πŸ‹ (1/2 buah – sebagai pengganti belimbing wuluh)

(9) Garam

(10) Merica

(11) Minyak untuk menumis

(12) Air

Cara Memasak

(1) Iris duo bawang, lengkuas dan daun salam. Lalu tumis hingga harum, masukkan garam dan merica. Lalu beri air sedikit.

(2) Dalam slow cooker masukkan daun salam sebagai alas. Harusnya sih pakai daun pisang, tapi ya berhubung ga punya ya pakai daun salam aja. Mumpung punya banyak.

(3) Masukkan ayam, bumbu yang sudah ditumis, tomat dan daun bawang yang sudah dipotong-potong. Siram dengan perasan jeruk lemon.

(4) Tambahkan air sampai ayam terendam semua. Tidak perlu terlalu banyak air karena slow cooker ini ternyata tidak membuat airnya menyusut.

(5) Tutup dan nyalakan slow cooker. Masak selama 4 jam pada mode High atau 8 jam mode Low.

(6) Done!! Icip-icip, sesuaikan rasa dengan selera.🍴🍴

Jujur ini ga lebay ya… Tapi saya surprised karena rasanya enak banget. Seger. Ayamnya super empuk sampai bisa disendok. Dagingnya bisa lepas dari tulangnya. Resep aslinya sih masih pakai sereh dan belimbing wuluh. Tapi ga pake juga ternyata sudah enak.

img_20180926_154824_719.jpg

Canggih banget ini slow cooker. Mustinya beli dari jaman jadi anak kos dulu yak .. jadi bisa makan bener,ga makan junk food mulu. Slow cooker bisa masak makanan yang serius gini loh.. Jadi berasa jago masak saya . Bahahhaaaaa…. Kepercayaan diri naik 2 juta persen. Saya jadi semangat oprek-oprek resep makanan yang bisa dibikin dengan slow cooker. Sampai install aplikasi cookpad nyari resep yang oke. Hahahhaaa….

Yuk masak yuk!!🐨🐨🐨

 

Salam Survival Food.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s